Muncul Uban di Usia Muda, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

aura.co.id | 27 Januari 2021 | 11:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Siapa di sini yang memiliki permasalahan timbulnya rambut putih alias uban di usia muda? Yup, rambut putih yang dikenal akan muncul saat kita sudah memasuki usia tua ini ternyata bisa lo muncul saat kita masih remaja atau masih di usia produktif bekerja.

Tenang, jangan panik dulu. Di bawah ini ada beberapa penyebabnya tumbuhnya rambut putih di usia muda, yuk kita lihat:

1. Rasa stres berlebihan

Yup, rasa stres menjadi salah satu penyumbang utama tumbuhnya rambut putih di usia muda. Hal ini karena rasa stress akan mengurangi produksi pigmen pada rambutmu dan menyebabkan rambut-rambut yang tumbuh berwarna putih.

2. Merokok

Untuk kalian para perokok, maka bukan hal yang aneh bagi kalian untuk memiliki rambut putih atau uban di usia muda. Hal ini karena bahan kimia yang terdapat di dalam rokok yang kalian hisap setiap hari tersebut tidak hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh kalian tapi juga rambut kalian. Makanya jangan merokok, ya. 

3. Keturunan

Penyebab ketiga tumbuhnya rambut putih di usia muda jelas menjadi salah satu penyebab yang paling dihindari banyak orang. Namun ada beberapa orang yang memang memiliki uban di usia muda karena faktor keturunan dari ayah atau ibunya. Oleh karena itu, kalian bisa tanyakan langsung ke ayah atau ibu kalian, apakah mereka ada riwayat memiliki uban di usia muda mereka atau tidak.

4. Gaya hidup

Pasti sudah bukan hal yang asing lagi kan bagi kalian untuk melihat begitu banyak orang berbondong-bondong memperbaiki gaya hidup. Entah karena mengikuti tren atau memang menyadari kondisi kesehatannya yang kian menurun karena gaya hidup yang serampangan. Yup, ternyata gaya hidup yang tidak sehat ini juga berpengaruh pada kesehatan rambut kamu nih. Tidak hanya dari segi makanan, tapi juga gaya hidup yang kurang bersih (jarang keramas, misalnya) menjadi salah satu pemicu tumbuhnya uban di usia muda.

Penulis : aura.co.id
Editor: aura.co.id
Berita Terkait